Pengertian Dan Fakta Unik Komet

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/532785/big/komet-131227b.jpg Pengertian komet - Sebagai manusia, kita harus bersyukur atas nikmat dan keindahan di dunia ini. Seperti di dalam bumi ada pohon yang indah, pemandangan lautan, dan pegunungan yang bisa memanjakan mata kita. Tetapi, adapula keindahan dan keunikan yang ada di luar atmosfer bumi atau di luar angkasa. Ilmuan memperkirakan bahwa seluruh dunia ini dibentuk sekitar 15 Milyar tahun lalu. Ada sebuah teori yang menjelaskan tentang terbentuknya tata surya oleh ledakan dahsyat yang disebut dengan Big Bang sehingga terbentuklah tata surya dan isinya seperti bintang-bintang, matahari, dan planet. Namun, pada kali ini, saya akan menjelaskan tentang fakta dan pengertian dari si bintang berekor luar angkasa ini.

Komet merupakan benda langit terbesar di tata surya. Bagaimana tidak? Ukuran komet dapat melebihi 10 mil. Komet sering disebut juga bintang berekor karena di belakangnya terdapat seperti ekor yang sangat panjang dan bercahaya. Panjang ekor komet bisa melebihi jutaan KM. Sebenarnya, ekor komet ini adalah campuran dari es dan debu. Ekor komet selalu bergerak menjauhi matahari karena adanya tarikan dan dorongan dari matahari. Jadi, jika komet bergerak mendekati matahari, ekornya akan berada di depan. Sedangkan jika komet bergerak menjauhi matahari, ekornya akan berada di belakang. Ekor komet akan terlihat semakin panjang jika mendekati matahari dan akan hilang bila jauh dari matahari. Hal ini terjadi karena komet terdiri dari kumpulan debu, dan gas yang dapat membeku jika jauh dari matahari. Garis edar atau orbit komet berbentuk melengkung atau lonjong yang mengintari planet merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus dan uranus.
Orang yang pertama kali menemukan dan mempelajari komet adalah Edmund Harley, seorang astronom dari inggris yang menemukan komet tahun 1705 dan menyebutnya sebagai Komet Halley yang muncul setiap 76 tahun sekali.
Selain komet halley, ada beberapa komet juga yang muncul di waktu yang berbeda dan diketahui orang. Seperti :
Komet Encke yang muncul setiap 3 tahun
Komet West yang muncul pada tahun 1976
Komet Ikeya-Seki yang muncul pada tahun 1965
Komet Kohoutek yang muncul tahun 1973
dan masih banyak lagi.

Peristiwa terlihatnya komet diangkasa merupakan suatu hal yang menakjubkan bagi orang yang melihatnya karena terlihat sangat indah seperti bintang jatuh. Tetapi, bintang jatuh dengan bintang berekor tidaklah sama. Bintang jatuh disebut juga dengan meteor yang telah jatuh ke dalam bumi namun tidak sampai daratannya karena telah terkikis oleh permukaan atmosfer bumi.

Dan sekian sedikit coretan dari saya. Semoga bisa bermanfaat serta menambah ilmu dan informasi untuk kalian semua. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

1 Response to "Pengertian Dan Fakta Unik Komet"

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!