Sunday 19 April 2015

Tips Menang Main Catur Untuk Pemula


Cara bermain catur untuk pemula - Oke, pada artikel kali ini, ane akan berbagi sedikit pengalaman bermain catur. Yaitu tips agar kita bisa memenangkan pertandingan catur ala gue :). Catur merupakan permainan asah otak. Dalam satu papan, catur terdiri atas Bidak, Gajah, Kuda, Benteng, Mentri dan Raja. Permainan ini sudah ada sejak berabad-abad dahulu dan merupakan permainan favorit di kerajaan. Bagi kamu yang baru belajar main catur atau yang bosan dan jengkel jika setiap pertandingan kamu selalu kalah. Inilah tips agar bisa menang didalam permainan catur.

Dalam permainan catur, mengamankan raja adalah hal terpenting. Karena, di permainan catur, tujuan utama untuk memenangkan permainan adalah menghabisi raja lawan. Lalu, bagaimana cara kita menghabisi raja lawan tetapi sambil mengamankan raja? Dan bagaimana cara mengamankan raja?
Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam main catur, dan adapula yang boleh dilakukan demi menghabisi lawan dengan kejam!
Berikut ini ane sudah menyiapkan beberapa tips agar menang di pertandingan catur.

1. Persiapkan Mental
Mental merupakan kunci kemenangan. Di setiap olahraga, kita harus mempunyai mental yang kuat. Dulu, ane pernah bertanding dengan pecatur di lomba antar sekolah. Karena itu pertama kalinya ane bertanding, ane masih grogi bro! Si lawan bermain dengan tenang dan cengar cengir bikin ane gerah :) Eh.. jadinya ane kalah dah :( Sekarang ane belajar bahwa mental memang sangat di butuhkan bagi yang ingin jadi pemenang. Baca Juga : Cara Melatih Mental

2. Membuka jalur yang bisa mengeluarkan perwira
Membuka jalur yang bisa mengeluarkan perwira Juga merupakan tujuan pembukaan. Dengan membuka jalur, kita sekaligus bisa mengeluarkan perwira dan bersiap untuk tempur. Langkah umum biasanya adalah memajukan bidak depan raja 2 langkah (e4)

3. Menyiapkan perwira untuk bersiap tempur
Seperti yang saya bilang tadi, untuk menyiapkan perwira, kita harus membuka jalur agar perwira kita bisa dengan mudah keluar dan bersiap melakukan penyerangan terhadap lawan.

4. Amankan raja
Pastikan raja aman sebelum melakukan penyerangan. Mengamankan raja bisa dilakukan dengan rokade/blokir, dan memasang strategi pertahanan yang sulit untuk ditembus lawan.

5. Pasang strategi penyerangan
Strategi merupakan hal penting agar bisa memenangkan pertandingan catur. Jangan langsung melakukan penyerangan kepada raja lawan. Cara pertama agar kita bisa mengalahkan raja adalah menghabisi perwira terlebih dahulu. Otomatis raja lawan akan mudah dihancurkan. Tetapi jika itu kesalahan lawan dan setelah berfikir matang-matang kita bisa membantai raja dengan cepat, jangan sia-siakan kesempatan. Langsung saja serang rajanya. Untuk mengabisi perwira lawan caranya adalah memasang strategi dengan menjebak lawan atau melakukan langkah kombinasi.

6. Pasal 1
Pasal satu berarti perwira lawan kalah satu dibanding perwira kita. Jika sudah menang perwira, tidak usah ambil pusing, langsung saja adu semua perwira kita dengan perwira lawan. Otomatis perwira kita tersisa satu dan dengan mudah kita bisa memenangkan permainan.

Oke, itulah hal-hal yang harus dilakukan saat bermain catur agar pertandingan dimenangkan oleh kita. Jangan sombong jika kita memenangkan pertandingan. Jaga sportifitas, dan bermain dengan serius. Demikian yang dapat saya sampaikan kepada pecatur pemula, semoga bisa bermanfaat. Selamat belajar dan semoga berhasil!

0 komentar

Post a Comment

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!