Inilah Penyebab Badan Terasa Ngantuk Saat Shalat Di Masjid

Penyebab rasa kantuk saat shalat di masjid - Shalat merupakan cara beribadah umat muslim atau orang yang beragama islam . Tempat untuk shalat berjamaah disebut musolah/masjid. Tapi kadang kita pasti pernah merasa mengantuk hanya saat kita shalat dimasjid.

Sobat ku sekalian, pernah gak sih kita agak merasa ngantuk sampai beberapa kali menguap saat shalat di masjid? Kenapa ya kita bisa ngantuk saat shalat dimasjid? Kai ini, saya akan membahas tentang apa saja faktor yang menyebabkan kita merasa mengantuk saat shalat di masjid.

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya rasa kantuk saat kita shalat di masjid. Apa saja faktor tersebut? Penyebab rasa ngantuk di masjid bisa disebabkan oleh Faktor Jiwa, dan Faktor Raga. Apa maksudnya faktor jiwa dan raga? Nah, kali ini saya sudah menyiapkan beberapa hal yang bisa membuat kita mengantuk dan sering menguap saat shalat dimasjid.

Faktor Jiwa
Maksudnya bukan gangguan jiwa. Tapi faktor jiwa disini berarti mengantuk saat shalat di masjid bisa disebabkan karena adanya ketidak nyamanan atau keraguan didalam jiwa kita. Apa saja yang termasuk dengan faktor jiwa disini?

1. Kurang niat untuk shalat dimasjid
Untuk shalat berjamaah di masjid, kita membutuhkan niat dan tekad untuk melakukan shalat di masjid hanya karena Allah SWT. Dan bukan karena hal lain. Bila tidak ada niat, maka shalat di masjid akan menjadi malas-malasan dan akhirnya kita merasa mengantuk dan beberapa kali menuap

2. Terpaksa
Ketika kita shalat berjamaah di masjid, harus dengan rasa ikhlas tanpa ada paksaan. Bila kita melakukan ibadah dengan terpaksa, maka shalatpun akan menjadi malas serta tidak khusyu dan bisa merasakan kantuk saat shalat.

Faktor Raga
Faktor raga, berarti kita bisa merasa ngantuk saat shalat dimasjid dikarenakan ada yang salah dengan tubuh atau badan kita. Apa saja contohnya? Misalnya adalah sebagai berikut.

1. Begadang
Begadang tentunya bisa menyebabkan kita mengantuk dimana saja baik saat shalat di masjid maupun saat jalan-jalan ke taman. Begadang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan begadang, kita bisa merasakan mengantuk setiap saat di siang hari.

2. Ruangan terlalu lembap
Ruangan yang lembab, sempit, dan berdesak juga bisa menyebabkan kita merasa mengantuk saat shalat dimasjid. Mengapa bisa demikian? Saat kita shalat di masjid yang ruangannya sangat lembab, otak kita akan kekurangan oksigen. Hal ini bisa menyebabkan kita terus menguap sepanjang ibadah shalat. Jadi sebaiknya, duduklah di barisan yang dekat dengan pintu atau jendela masjid agar tidak terlalu sumuk/lembab

Selain kedua faktor jiwa dan raga diatas, ada beberapa hal lain yang menyebabkan kita mengantuk saat shalat dimasjid. Misalnya.

1. Imam yang sangat lambat dalam membaca bacaan shalat.
Pastinya ada Imam seperti ini. Yaitu yang lambat atau lama dalam membaca surat al-fatihah, dan bacaan shalat lain. Sudah tentu buat yang gak niat shalatnya jadi males dan ngantuk.

2. Imam yang suka membaca surat-surat panjang
Nah, ini juga salah satu penyebab kita ngantuk saat shalat dimasjid. Adakah imam yang memimpin shalat dimasjid suka yang membaca surat Al-Baqoroh dari ‘ain ke ‘ain setelah bacaan surat wajib? Ada! Di kampung halaman saya, ada salah satu imam yang suka sekali membaca surat al-baqoroh setelah surat al-fatihah. Yah.. memang bacaan yang panjang dan bikin ngantuk. Tetapi, untuk orang yang dari rumah niatnya mau shalat, gak akan protes di dalam hatinya.

Nah, itulah beberapa penyebab rasa kantuk saat shalat di masjid. Jadi, sebagian besar penyebab rasa kantuk yang dating ketika kita shalat dimasjid adalah Kurang Niat dan Malas untuk shalat. Tujuan ke masjid hanya untuk bermain-main bukannya untuk beribadah.

Sebagai  muslim dan muslimah yang baik, seharusnya kita harus memiliki niat dulu dari rumah bahwa kita ke masjid hanya untuk beribadah. Bukan untuk hal lain. Dan jangan terlalu sering begadang atau hal lain yang menyebabkan kita mengantuk.

Sekian artikel tentang alasanmengapa kita merasa ngantuk saat shalat dimasjid.  Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua! Terima Kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

7 Responses to "Inilah Penyebab Badan Terasa Ngantuk Saat Shalat Di Masjid"

  1. kalau saya sih terlalu banyak makan pas buka jadi males hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. kalau bulan puasa gini paling enak tidur seharian. Apalagi pas buka puasa, jadi males buat ibadah. Tapi jangan sampe kayak gitu ya gan.. :D

      Delete
  2. hahaha kalo emang niat pasti ga ngantuk

    ReplyDelete
  3. harus banyak istigfar kali gan

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!