Membuat Web Dinamis Dan Auto Dinamis Dengan PHP

cara membuat website dinamis dengan php
Cara membuat halaman ?p dengan php - Halaman dinamis adalah halaman yang berubah hanya pada salah satu elemennya saja. Fungsinya tak lain dan tak bukan adalah untuk mempermudah proses koding. Jadi, kita tidak harus membuat satu file untuk satu halaman. Jika halaman ada 10 berarti kita harus membuat file sebanyak 10. Dengan halaman dinamis kita tidak menggunakan cara seperti itu. Kita bisa membuat ratusan bahkan ribuan halaman web hanya dengan 1 file.

Bagaimana cara membuat halaman dinamis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP?
Caranya cukup mudah. Saya akan membagikan 2 cara untuk membuat halaman dinamis. Yaitu secara manual dan otomatis (auto dinamis)

Logika dasar untuk membuat halaman dinamis adalah dengan menggunakan logika if berdasarkan get url. Jadi, jika didapat GET misalnya GET "p" adalah "home", maka kita bisa mengatur apa yang akan keluar. Secara bahasa pemrograman PHP adalah sebagai berikut.
Berikut ini adalah contoh script membuat halaman dinamis dengan PHP.

1. Membuat halaman dinamis secara manual
Membuat halaman dinamis secara manual, artinya kamu harus memasukan baris kode setiap satu file. Berikut ini adalah untuk membuat halaman dinamis secara manual

<?
if(isset($_GET['p'])){
if($_GET['p'] == 'home'){
include 'home.php'
}
}
?>

Dengan kode diatas, maka hanya dengan membuka websitekamu/?p=home maka akan keluar script pada file home.php. Atau kamu bisa langsung menaruh kode scriptnya didalam if get p = home.

Jika dengan cara manual seperti ini, jika kamu ingin menambah file, maka kamu harus menggandakan kodenya. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara membuat halaman secara auto dinamis.

2. Membuat halaman dinamis secara otomatis
Membuat halaman dinamis secara otomatis, artinya kamu tidak perlu menambah baris kode untuk setiap file. Cukup tambahkan file, maka kamu bisa langsung mengaksesnya.

<?
if(isset($_GET['p'])){
include "".$_GET['p'].".php"
}
?>

Dengan kode diatas, kamu sudah membuat halaman secara auto dinamis. Yang harus kamu lakukan adalah membuat file PHP dengan nama apa saja. Misalnya beranda.php. Kamu bisa langsung mengaksesnya dengan mengetik pada URL websitekamu/?p=beranda

Mudah sekali kan?

Jika dengan seperti itu tadi, kita harus mengakses website dengan tanda get misalnya website.com/?p=home. Nah, lalu bagaimana cara membuat website langsung website.com/home?

Jika masalahnya adalah seperti itu, maka kita berbicara seputar URL dinamis. Sudah saya jelaskan di artikel lain. Silahkan Baca:

Cara Membuat Alamat URL Dinamis Dan Autodinamis Dengan HTACCESS

Oke, sekian dulu sedikit tutorial singkat seputar pemrograman web php tentang cara membuat halaman dinamis dan auto dinamis dengan PHP. Semoga bermanfaat!

Oh iya, kalau masih belum paham, silahkan tanyakan di kolom komentar yaaa..

Terima Kasih! and Happy Coding!

0 Response to "Membuat Web Dinamis Dan Auto Dinamis Dengan PHP"

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!