Sunday, 5 November 2017

Penjelasan Dan Perbedaan RAM Dengan ROM

Pengertian dan perbedaan RAM dengan ROM - Hallo. Kembali lagi bersama blog TB yang senantiasa selalu memberikan informasi serta tutorial internet dan teknologi. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang RAM dan ROM. Apa sih itu?
Istilah RAM dan ROM sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. ROM dan RAM adalah salah satu perangkat keras komputer.  ROM kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semi konduktor yang isinya hanya dapat dibaca.

Sedangkan RAM ( random access memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dan di buka dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Selain berbeda dalam hal pengertian,  ROM dan RAM ini memiliki berbagai perbedaan,  berikut ini adalah 3 perbedaan mendasar ROM dan RAM.

1. ROM tidak di bisa di isi dan di tukisi data sewaktu - waktu seperti RAM
Perbedaan mendasar yang pertama antara rom dan ram adalah rom tidak bisa jika di isi atau di tukisi data secara langsung.  Rom hanya bisa di isi oleh pabrik pembuatan.  Walaupun bisa melakukan penyimpanan data pasti memerlukan waktu yang lama dan tidak se fleksibel ram yang bisa di isi data dan di tukisi sewaktu-waktu. 

ROM biasanya di gunakan untuk menyimpan firmware,  yaitu perangkat lunak yang berhubungan sengan perangkat keras.  Contohnya adalah ROM BIOS , ROM BIOS berisi program dasar sistem komputer yang berfungsi untuk mengatur dan menyiapkan semua peralatan atau komponen yang ada atau yang terpasang pada komputer saat komputer ‘dinyalakan/dihidupkan’.

2. Data ROM lebih awet dan permanen sifat nya di bandingkan RAM
Hal-hal seperti informasi,  data,  serta program yang terdapat pada rom biasanya bersifat permanen dan tidak mudah hilang atau berubah walau komputer di matikan dan dalam keadaan off.  Sedangkan RAM semua data,  informasi dan juga program yang ada di dalamnya bersifat sementara dan bisa hilang dengan sendirinya jika kondisi komputer mati atau dalam keadaan Off. 

3. ROM tidak membutuhkan daya dalam menyimpan data
Rom bisa menyimpan data tanpa adanya daya atau bisa di bilang tidak membutuhkan daya.  Oleh karena itukah data yang di simpan dalam rom tidak akan hilang walau komputer mati,  berbeda dengan Ram yang membutuhkan daya agar dapat menyimpan data.  Hal ini juga lah yang akan menyebabkan data pada ram akan hilang jika komputer mati. 


Itulah pengertian dan 3 perbedaan mendasar pada ram dan rom. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membuka wawasaan kalian semua. Terima kasih.  

0 komentar

Post a Comment

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!