XAMPP : Pengertian, Fungsi, Dan Cara Menggunakannya

Pengertian dan cara menggunakan xampp - Halo sahabat Teziger Blog dimanapun kalian berada! Yaa akhirnya saya bisa ngepost lagi dan membagi pengetahuan lewat artikel Teziger Blog yang insha allah bermanfaat untuk kalian semua. Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, cara kerja, dan cara menggunakan XAMPP...! Mungkin banyak yang belum tahu, atau mungkin ingin tahu?!

Ada sahabat Teziger Blog yang bertanya tentang XAMPP ini di inbox Email saya. Ia bertanya tentang tindak lanjut setelah download XAMPP untuk membuat situs media sosial yang saya buat pada artikel sebelumnya.

Artikel Sebelumnya : Cara Membuat Situs Media Sosial Sendiri Seperti Facebook (Source Code)


Nah, maka dari itu saya akan menjawab pertanyaan kamu lewat artikel ini agar semua sahabat Teziger Blog juga tahu tentang XAMPP.

Apa Itu XAMPP?
XAMPP, merupakan salah satu web server lokal yang paling banyak digunakan oleh para pengembang dan desainer situs web dalam membuat situs web offline.
XAMPP adalah software yang mendukung banyak sistem operasi dari beberapa program.
Software ini berfungsi sebagai server atau localhost yang terdiri atas program : Apache sebagai HTTP server, MySQL sebagai database, PHP dan Perl sebagai bahasa pemrograman yang dapat diterjemahkan.

Beberapa instalan komputer salah satunya Microsoft Windows tidak mendukung beberapa keperluan untuk membuat sistem dalam mengembangkan website offline. Sedangkan untuk membuat sebuah situs web offline yang dinamis memerlukan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Maka dari itu diwajibkan untuk men-download aplikasi web server seperti XAMPP sebelum membuat situs web offline. Situs web offline yang sudah jadi  bisa di onlinekan atau di upload ke internet menggunakan Web Hosting misalnya di www.hostinger.co.id. Jika kamu ingin situs web langsung online, kamu bisa langsung membuat website secara online lewat Web Hosting. Salah satunya seperti yang saya bilang tadi.. Di www.hostinger.co.id.

Sebenarnya ada web server lokal selain XAMPP, seperti MAMP, AppServe dan lain sebagainya. Semua aplikasi itu sama saja, cara kerjanya juga sama. Namun untuk XAMPP aplikasinya dapat di download gratis. Tidak seperti MAMP yang aplikasinya berbayar.

Bagaimana cara menggunakan XAMPP?
Iyap, untuk menggunakan XAMPP kamu pastinya harus punya dulu aplikasinya. Aplikasi/Software web server lokal XAMPP ini dapat di unduh secara gratis di www.apachefriends.org. Ada banyak sekali versi XAMPP disana. Untuk mengembangkan sebuah situs web, XAMPP versi 5 mendukung bahasa pemrograman PHP 5 dengan database MySQL, sedangkan versi 7 mendukung bahasa pemrograman PHP terbaru, yaitu PHP 7 dengan database MySQLi.

Oke sekarang mari kita kenalan dengan beberapa halaman dari Web Server Lokal XAMPP.

1. Control Panel


Halaman ini seperti kunci. Untuk menghidupkan XAMPP, kamu harus membuka halaman Control Panel. Lalu nyalakan sistem operasi sesuai program yang ingin digunakan. Untuk mendesain halaman web, bisanya yang dihidupkan hanyalah Apache dan MySQL.

2. Localhost

Iyap jadi ini adalah halaman untuk mengakses halaman web kita. Untuk mengetest apakah aplikasi sudah menyala, kamu tinggal mengakses halaman di browser dengan mengetik localhost pada Address Bar.

3. Htdocs

Nah ini adalah halaman untuk membuat halaman webnya. Setelah kamu menginstal XAMPP, maka akan ada halaman htdocs ini yang berlokasi (My Computer -> Local Disk(C) -> xampp -> htdocs).

Untuk membuat halaman web, kamu harus membuat sebuah folder di htdocs, lalu isi folder tersebut dengan kode - kode halaman website. Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu membuka browser dan ketik localhost/(NAMA_FOLDER) pada address bar. Contohnya adalah halaman berikut ini :



Jadi disini saya mengakses halaman web yang berada di folder blog pada folder htdocs.
Berikut ini adalah tampilan halamannya :



4. PHPMYADMIN

Halaman ini digunakan untuk membuat sebuah database yang berfungsi untuk menyimpan data dari halaman web. Jadi sebenarnya halaman seluruh isi dari halaman web disimpan dalam database. Lalu data dipanggil menggunakan Bahasa Pemrograman PHP sehingga dapat muncul di browser dan dimodifikasi. Untuk mengakses halaman PHPMYADMIN, kamu hanya perlu mengetik localhost/phpmyadmin pada browser.

Di halaman phpmyadmin ini ada beberapa menu/tab. Fungsinya adalah sebagai berikut.
Tab Database : Untuk membuat database halaman web.
Tab SQL : Untuk membuat database menggunakan SQL. Jadi jika kamu sudah memiliki file berekstensi/format .sql, kamu tidak perlu repot membuat database. Cukup meletakan seluruh isi file ke halaman SQL.
Tab Status : Untuk menampilkan status dari aplikasi XAMPP.
Tab Users : Untuk mengedit nama pengguna dan password XAMPP. Ini digunakan untuk menghubungkan database ke halaman web.
Tab Export : Untuk mengunduh kode SQL pada database.
Tab Import : Untuk mengimpor kode SQL. Fungsinya sama seperti tab SQL, namun jika tab SQL mengharuskan isi file sql untuk menambah database, kamu memerlukan file berekstensi/format .sql nya. Lalu file diletakan di halaman Import.
Tab Settings : Untuk mengelola dan mengatur jalannya aplikasi
Dan lainnya...

Oke itulah tadi beberapa pengertian, cara kerja, dan cara penggunaan aplikasi web server lokal XAMPP. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Aplikasi XAMPP sebenarnya adalah salah satu aplikasi web server dari puluhan aplikasi. Namun mengapa saya memilih XAMPP? Karena XAMPP ini gratis, mudah, dan paling banyak digunakan. Untuk aplikasi web server selain XAMPP sebenarnya tidak bedah jauh, jika kamu memakai aplikasi lain mungkin bisa mengikuti ya..


Terimakasih Dan Sampai Jumpa Di Artikel Berikutnya!

3 Responses to "XAMPP : Pengertian, Fungsi, Dan Cara Menggunakannya"

  1. Terima kasih atas infonya min. sangat berguna semoga ttp update terus bloggernya bagus

    ReplyDelete
  2. sangat membantu,semoga tetap update bloggernya

    ReplyDelete

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!
Jadilah Top Komentator Dan Mendapat Backlink Gratis Di Blog Ini!

Lihat Top Komentator Disini