Thursday, 2 June 2016

Cara Mengunci Folder/File Di Komputer Dengan Folder Locker



Cara mengunci/membuat password pada file/folder komputer - Pernah gak sih rahasia di komputer pribadi kamu diliat – liat oleh orang iseng? Apalagi isinya foto – foto pribadi. Kan malu ya..
Itu sih masih mending, nah kalau yang dilihat informasi pekerjaan/data rahasia kantor? Wah bahaya..

Mungkin beberapa orang atau pengguna komputer seringkali rahasianya dilihat oleh orang lain yang sedang meminjam komputernya. Selain bikin malu, informasi pribadi dan data rahasia juga terbongkar. Beberapa orang seringkali bertanya, bagaimana cara agar informasi atau folder rahasia dalam komputer tidak dapatdilihat orang?
Ada beberapa cara untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan komputer kamu. Misalnya sebagai berikut.

1. Menyembunyikan fle/folder
Yaitu menghilangkan file/folder dengan fungsi hidden. Dengan ini kamu dapat menyembunyikan file, namun dapat ditampilkan kembali. Nah untuk cara menyembunyikan file/foldernya, kamu cukup klik kanan pada folder yang ingin disembunyikan, lalu klik Properties, dan centang kolom Hidden. Namun kekurangan dari menyembunyikan file untuk menjaga rahasia di komputer ini belum cukup aman. Jika seseorang mengetahui cara me

2. Mengunggah file ke internet

Sudah banyak sekali situs yang menyediakan tempat penyimpanan file yang pastinya sudah terbukti paling aman. Kamu bisa mengunggah file rahasia kamu ke internet, lalu hapus file yang ada dikomputer. Situs penyimpanan file yang paling direkomendasikan adalah situs Google Drive. Tapi tentu saja seperti yang kita tahu, untuk mengakses internet memerlukan kuota data.

Tadi adalah berapa cara untuk menyembunyikan rahasia pribadi di komputer. Apakah ada cara lain yang lebih aman, dan murah? Tentu saja! Seperti dengan cara mengunci atau membuat password pada folder rahasia.

Ya, artikel kali ini akan membahas tentang cara mengunci file/folder denganFolder Locker. Folder Locker ini bukanlah aplikasi yang harus didownload. Kamu bisa membuat sendiri folder locker di komputermu! Bagaimana cara membuat password di folder ini? Berikut adalah tutorialnya..

1. Bukalah Text Editor di komputermu (Notepad, Wordpad, dll.)

2. Setelah aplikasi terbuka, silahkan kamu copy paste kode dibawah ini
cls
@ECHO OFF
title Folder Locker By TEZIGER BLOG (http://teziger.blogspot.com)
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==MasukanPasswordmuDisini goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End

*Jangan lupa, ganti tulisan berwarna biru dengan Password kamu



3. Setelah itu, kamu simpan filenya dengan nama apa saja. Tapi jangan lupa, ekstensi/formatnya adalah .bat (misalnya: contoh.bat)



4. Akan muncul file dengan type Batch File (.bat). Slahkan kamu klik file tersebut

5. Setelah kamu klik, silahkan kamu ketik ‘Y’ (tanpa tanda petik) di dalam folder locker tersebut



6. Dan selesai! Ketika kamu mengetik password dalam folder locker tersebut, kamu akan menemukan sebuah folder bernama ‘Locker’



Caranya mudah sekali bukan? Nah untuk folder yang bernama ‘Locker’ namanya tidak boleh diganti ya.. Sekarang kamu bisa memindahkan filenya di folder ‘Locker’.
Untuk mengaktifkan kata sandi, kamu harus masuk ke file yang typenya .bat tadi, lalu ketik ‘Y’ lalu enter. Untuk mengatur agar kata sandi tidak aktif, kamu harus mengetikan password dulu, lalu kembali lagi ke file .bat nya dan klik ‘N’ lalu enter.

Sedikit informasi nih.. Kode tadi merupakan Bahasa Pemrograman yang berisi beberapa perintah CMD yang dapat dijalankan oleh Microsoft Windows. File dalam bentuk Batch (.bat) sangat mudah dibuat karena hanya memerlukan text editor untuk menulis kode perintah yang dapat dieksekusi oleh Command Interpreter. File Batch ini dapat ditulis dengan ekstensi .bat dan juga .cmd

Oke deh sekian informasi dan tutorial TB kali ini tentang cara menguncifile/folder dikomputer. Semoga dapat menambah wawasan sekaligus bermanfaat..
Sekian dan Terimakasih!

3 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya min. sangat berguna semoga ttp update terus bloggernya bagus

    ReplyDelete
  2. Mantap gan untuk informasi tutorialnya mengenai cara mengunci folder atau file di komputer, sukses untuk informasi pembahasan lainnya

    ReplyDelete

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!