Canggihnya Teknologi Kebersihan Di Masjidil Haram

proses kebersihan masjidil haram

Teknologi kebersihan masjidil haram canggih – Siapa yang tak kenal masjidil haram? Salah satu masjid terbesar didunia ini memang sudah terkenal sejak dahulu. Terdapat sebuah bangunan suci diantara masjid itu. Yakni kakbah. Kakbah merupakan satu satunya kiblat atau arah shalat umat muslim di seluruh dunia.

Masjid ini memiliki luas dan kemegahan yang luar biasa. Bagaimana tidak, pengurus masjid dituntut untuk menyediakan berbagai fasilitas untuk jutaan Jemaah haji yang terus berdatangan setiap tahunnya. Karena itulah, masjid ini dibangun dengan megah dan memiliki beberapa fasilitas canggih guna melakukan berbagai aktifitas ibadah dan kelayakan.

Baca Juga: 5 Masjid Terindah Dengan Teknologi Tercanggih Di Dunia 

Masjidil haram memiliki ukuran hampir 40 hektar. Tentunya masjid ini masih dalam tahap perkembangan dengan mengembangkan teknologi, serta gedung dan arsitektur. Hal ini tak lain dan tak bukan demi kelancaran proses haji dan ibadah di masjidil haram.

Sebagai tempat yang sangat suci, penting bagi petugas masjid untuk menjaga kebersihan masjid agar terhindar dari najis. Taukah kamu, dengan luas dan kemegahan yang luar biasa, bagaimana cara petugas masjid melakukan kebersihan di masjidil haram? Berapa jumlah petugas kebersihan masjidil haram?

Di masjidil haram, jamaah bebas membawa makanan apapun kedalam. Tetapi sangat disayangkan, banyak jamaah yang meninggalkan sisa alas makananya begitu saja. Banyak ditemukan sampah bekas makanan, gelas bekas air zam zam, dan beberapa sampah lainnya. Petugas kebersihan masjidil haram akhirnya dituntut bekerja keras secara bergantian selama 24 jam untuk membersihkan masjid. Di sela proses ibadah, selalu terlihat petugas sedang membersihkan masjidil haram. Berdasarkan laporan harian, ditemukan sampah seberat hampir 100 ton! Kok bisa ya?

Masjidil haram memiliki petugas kebersihan yang cukup banyak serta teknologi kebersihan yang luar biasa. Cukup 20 menit dilakukan kebersihan maksimal untuk masjid seluas hampir 40 hektar. Tidak mengherankan kalau masjid seluas ini memakai teknologi kebersihan yang canggih. Apa saja sih teknologi kebersihan yang ada di masjidil haram?

Haram Captor
haram captor di masjidil haram

Haram Captor merupakan salah satu teknologi kebershian unggulan masjidil haram. Haram Captor adalah sebuah kendaraan mobil mini yang disertai alat kebersihan didalamnya. Alat kebersihan yang dimiliki Haram Captor antara lain semprotan air, pel, sapu, serta penghisap debu. Penghisap debu yang dimiliki mobil kebersihan masjidil haram ini memiliki daya hisap yang super kuat. Sekitar 300 lebih petugas kebersihan yang mengoperasikan kendaraan haram captor ini. Haram Captor pertama kali digunakan pada tahun 2007.

Haram Captor bisa disebut sebagai alat penghisap debu raksasa multifungsi. Hanya dalam hitungan detik, sampah di area teras masjid sudah tidak Nampak lagi.

sampah di masjidil haram

Teknologi Kebersihan Pada Umumnya
Selain Haram Captor, ternyata petugas kebersihan masjidil haram menggunakan alat kebersihan pada umumnya. Seperti sapu, pel, lap, air, dan lain sebagainya. Bedanya, jumlah petugas kebersihan yang bekerja selama 24 jam berjumlah ratusan orang.

Berikut ini adalah salah satu video yang menunjukan proses kebersihan masjidil haram.



Itulah tadi sedikit ulasan mengenai teknologi kebersihan di masjidil haram. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih!
ARTIKEL TERKAIT

3 Responses to "Canggihnya Teknologi Kebersihan Di Masjidil Haram"

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!