Monday 7 May 2018

Sudah Diterima Adsense? Hindari Lakukan Hal Ini

Hal hal yang harus dilakukan setelah diterima google adsense - Haaahhh.. Akhirnya. Setelah bulan lalu, blog ini telah lepas dari masa penangguhan alias susspend dari google adsense. Ada beberapa pelanggaran yang saya lakukan sehingganya berakibat pada penangguhan akun. Sudah lumayan banyak yang saya pelajari tentang google adsense terlebih lagi pengalaman saya dari mulai ditolak adsense berkali-kali, kemudian akhirnya diterima, lalu disusspend, kemudian kembali lagi.

Dari situ saya mengetahui bahwa ada beberapa hal penting yang wajib dilakukan dan wajib dicegah ketika kamu sudah diterima adsense atau 100% full aproved. Sebagai publisher pemula, saya pernah mencoba-coba tanpa mengetahui kebijakan adsense sebelumnya. Kemudian karena sebuah pelanggaran, akun adsense saya disusspend selama sebulan. Dari sebulan itu, saya mulai belajar mengenai kebijakan dari google adsense serta beberapa hal yang menyebabkan akun adsense saya disusspend atau ditangguhkan.

Blog saya sudah terdaftar adsense sekitar akhir tahun lalu. Sebuah kebanggaan luar biasa ketika saya mengetahui blog saya diterima oleh adsense, mengingat perjuangan saya (daftar-tolak-daftar-tolak) belasan kali. Hal pertama yang saya lakukan ketika diterima adsense adalah langsung membuat unit iklan dan memasangkannya di sidebar dan header blog. Lalu menyarankan kepada teman-teman saya "Klik iklan disini". Apakah cara itu benar? Cara itu kurang tepat.

Dengan rasa keingin tahuan, saya pernah mencoba klik iklan sendiri di blog saya, dan kemudian keesokan harinya, adsense tersusspend sebulan, dan saldo uang saya  -Rp.114.000

Dari sebulan masa penangguhan, saya banyak belajar tentang hal-hal yang harus dilakukan setelah mendaftar dan diterima google adsense. Dan disini saya akan membagikan pengalaman saya kepada sobat tblogers semua.

1. Hindari Klik Iklan Sendiri
Ini adalah aturan paling umum yang ada. Mungkin semua publisher sudah tau dengan kebijakan ini. Mesin google yang pintar mampu mendeteksi adanya klik iklan sendiri dan akan me-labeli-nya sebagai kategori invalid click. Hal ini membuat akun kamu bisa auto susspend. Intinya jangan pernah coba-coba.

Gunakan browser yang tidak terhubung dengan akun kamu di website Google Adsense. Hal ini adalah sebuah antisipasi jika kamu tidak sengaja klik iklan sendiri. Jika kamu terhubung dengan akun adsense, maka sekali klik saja akunmu bisa ter-susspend walaupun kamu mengklik iklan secara tidak sengaja. Ya mungkin mouse kesenggol, atau khilaf. Ingat! Yang namanya tidak sengaja pasti sekali ya.. Bila dua kali, maka akan dianggap sebagai invalid click. Invalid click bisa menyebabkan akun kamu disusspend bahkan di banned

2. Hindari Refresh Halaman Blog Berulang-ulang
Jangan refresh blog kamu berulang-ulang. Hal ini akan dianggap adsense sebagai invalid traffic. Dan dengan adanya trafik yang tidak valid ini, uang di akun adsense kamu akan berkurang. Kenapa?
Karena Google Adsense memiliki 2 sistem penghasilan publisher. Yang pertama adalah jumlah klik. Yang kedua adalah tayangan. Jadi walaupun pengunjung blog tidak klik iklan yang ada, tetapi publisher tetap dapat uang dari pengunjung tersebut yang disebut sebagai penghasilan tayangan. Penghasilan tayangan tentunya lebih kecil pendapatannya dibanding klik iklan.

Jika blog kamu direfresh berulang-ulang, uang kamu di adsense akan ikut bertambah dari penghasilan tayangan, dan setelah dideteksi oleh adsense, maka uang kamu menjadi minus alias dikurangin. Maka hati-hati ya sob.

3. Jangan Taruh Tulisan "Klik Iklan Ini atau Mohon Klik Iklan Dibawah Ini" Dan Sejenisnya
Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah diterima adsense adalah jangan menaruh tulisan yang mempresuasi atau mengajak pengunjung untuk meng-klik iklan.

Adsense sangat berharap bahwa iklannya diklik oleh pengunjung yang benar-benar tertarik dengan konten iklan tersebut. Tanpa ada saran, phising, dan penipuan disekitar iklan tersebut. Dengan kecanggihannya, adsense tentu saja dapat dengan mudah mendeteksi kalimat presuasi di sekitar iklannya. Guna mencegah kualitas iklan, akun kamu tak segan bisa disusspend.

4. Jangan Klik Iklan Terlalu Banyak Bila Kamu Mengakses Di Perangkat Lain
Hal ini adalah kecurangan umum yang sering terjadi dan dilakukan oleh publisher adsense. Yaitu mengakses website sendiri lewat komputer lain, kemudian lewat komputer itu, mereka meng-klik iklan sendiri. Hal tersebut memang aman karena google adsense tidak bisa mendeteksi bahwa yang menggunakan komputer tersebut adalah si pemilik blog.

Tetapi jangan terlalu senang dan akhirnya klik iklan sebanyak mungkin mentang-mentang akses di perangkat lain. Adsense bisa mendeteksi boom click dari berbagai perangkat. Bila kamu mengakses blog lewat perangkat lain, saya sarankan cukup sekali sampai 3 kali klik. Lebih aman..

Itulah beberapa hal yang harus dihindari dan dilakukan setelah diterima google adsense. Semoga sedikit pengalaman saya tentang google adsense ini bisa bermanfaat. Terima Kasih!

3 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. waduh saya test klik iklan lebih dari 3 kali aman kaga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal perangkat gak ada integrasi ke akun google aman sob

      Delete

Hai, Mohon Komentar Yang Relevan Dan Tidak OOT!